Cari Blog Ini

Jumat, 03 Agustus 2012

Liputan Muswil V MPW Pemuda Pancasila Jawa tengah 2012

Musyawarah Wilayah ke Lima Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Propinsi Jawa Tengah 2012 dilaksanakan di Hotel Semesta Semarang pada tanggal 15 – 16 Juli 2012. Acara dibuka pada pukul 13.00 Wib oleh Gubernur Jawa Tengah saudara Bibit. Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan bahwa menjaga empat pilar kebangsaan sudah seharusnya menjadi visi Pemuda Pancasila pada umumnya. Namun demikian dalam rangka mengisi kemerdekaan, Pemuda Pancasila hendaknya dapat lebih berkarya untuk kemajuan dan pemberdayaan masyarakat dengan prestasi – prestasi yang positif dan produktif. Gubernur juga menekankan arti penting Empat Pilar Kebangsaan yang harus di pertahankan hingga tetes darah penghabisan. Bahkan beliau menambahkan bukan hanya empat pilar saja. Melainkan ada Lima Pilar yakni ;

1. Pancasila
2. UUD 1945
3. NNKRI
4. Bhinneka Tunggal Ika
5. Bendera Merah Putih
Mengapa Gubernur perlu menambahkan satu pilar dalam sambutannya ? sebab apapun yang terjadi, hingga detik ini di bumi Nusantara tidak boleh berkibar selain bendera Merah Putih. Jadi tidak ada lagi itu bendera Aceh Merdeka, Papua Merdeka dll. Imbuhnya dengan nada berapi-api dan disambut riuh tepuk tangan dari peserta Muswil.

Ketua MPW PP Jateng Demisioner, Bung Budi dalam sambutannya juga menekankan tentang arti penting bagaimana Pemuda Pancasila secara terus menerus membangun menggalang kekuatan persatuan dan kesatuan baik intern maupun ekstern, agar Pemuda Pancasila dapat makin terlihat solid, kompak dan eksis di masyarakat sebagaimana tema acara Muswil V MPW PP Jateng yakni “ Dengan semangat melestarikan empat pilar bangsa, Pemuda Pancasila Bangkit, Berjuang dan Berkarya untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Tengah “.

Dari total 35 utusan MPC kabupaten dan kota madya se Jawa Tengah, yang absen hanya 3 utusan MPC saja. Dan untuk perwakilan dari MPC PP Banjarnegara mengutus lima orang perwakilan dalam acara Muswil V MPW Jateng 2012. Yakni saudara Ketua ; Gus Hayat, Saudara Sekretaris umum ; Kaji Budi, Saudara Wakil Sekretaris Satu ; Bung Wahono, Saudara Ketua bidang Ideologi dan Politik ; Bung Mawing Goso dan Saudara Anggota Bidang Litbang dan Kaderisasi ; Mas Dimas.

Sekjend Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila dalam orasi sambutannya menekankan beberapa hal diantaranya :
  1. Jumlah anggota Pemuda Pancasila secara nasional baru tercatat sebanyak 5,2 Juta. Atas data tersebut MPN PP akan segera melakukan penambahan data secara sistematis dengan mengeluarkan KTA ( Kartu Tanda Anggota ) yang berlaku seumur hidup. Mekanisme pendaftaran KTA akan diatur secepatnya dan akan di konsolidasikan hingga ke MPC.
  2. Target Program hingga akhir 2012 adalah ; Konsolidasi organisasi hingga sampai di tingkat Cabang dan Ranting serta anak Ranting.
  3. Melakukan Kaderisasi dengan targeting prosentase 40% kepengurusan lama dan 60% pendatang baru untuk tingkat PAC.
  4. Pada tingkat MPW akan dibentuk sayap organisasi berupa lembaga-lembaga kemasyarakat yang secara organisatoris bersifat otonom dan koordinatif.
  5. Mensosialisasikan hasil Munas / Mubes, bahwa Motto Pemuda Pancasila pada saat ini adalah Back to Zero ( Kembali pada Khittah yakni kembali pada tujuan awal organisasi di bentuk dengan maksud Menyelamatkan konstitusi Negara dengan cita-cita besar menjaga empat pilar kebangsaan ).
  6. Setiap MPC harus memiliki empat wakil ketua dengan tujuan setiap wakil ketua membawahi 3 bidang. Sebab dalam tubuh organisasi MPC Pemuda Pancasila ada 12 Bidang. Dengan detail tugas khusus sebagai berikut ; a) Wakil Ketua 1 bertugas untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan TNI Polri. b) Wakil Ketua 2 bertugas untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah. c) Wakil Ketua 3 bertugas untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan sesama ormas.d) Wakil Ketua 4 bertugas untuk menjalin komunikasi dan koordinasi kedalam tubuh organisasi. 
  7. Pemuda Pancasila bukan lagi sebagai OKP ( Organisasi Kemasyarakatan Pemuda ) tetapi sudah secara resmi menjadi ormas ( Organisasi Kemasyarakatan ) yang berbasis masa sebagaimana keputusan dalam hasil MUNAS / MUBES MPN PP.
  8. Indikasi atau Parameter organisasi Pemuda Pancasila berkembang diantaranya ; Cakupan Program organisasi lebih berkwalitas dan berkembang. Jumlah anggota dari periode ke periode harus berkembang.
  9. MPN dan MPW akan mengeluarkan SK untuk MPC jika, Susunan MPC dan keputusan-keputusan Muscab telah di redaksionalkan.
Muswil V MPW PP Jateng 2012 berlangsung lebih cepat dari agenda yang di jadwalkan. Dan terpilih kembali ketua MPW PP Jateng untuk Periode 2012 – 2017 yakni saudara Bung Budi. Dengan struktur kepengurusan MPW silahkan di websitenya MPW.

Akhirnya Sekali layar terkembang, surut kita berpantang !!!
Selamat atas terbentuknya struktur MPW PP Jateng periode 2012 – 2017.
Dan sukses untuk acara MUSWIL V MPW Jateng 2012.

Wakil sekretaris 1 MPC PP Banjarnegara
Wahono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar